Colombose's Blog

Lestarikan budaya Indonesia & dan saling membantu..

Pendukung PKI muncul lagi?

Posted by colombose on January 9, 2010

Penggemar PKI di Facebook, dari Serius Sampai Cuma Iseng

Jakarta – Gerakan pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) muncul di situs jejaring sosial facebook. Namun demikian, motivasi para penggemar atau anggota grup pendukung PKI tersebut berbeda-beda. Ada yang serius, ada juga iseng belaka.

Akun dengan nama Harris Ubay misalnya. Dia mengaku menjadi penggemar grup PKI 2010 hanya iseng-iseng belaka.

“Lho saya dapat informasi (tentang grup pendukung PKI) ini malah dari berita di detikcom. Cuma penasaran saja. Just for fun. Saya juga tidak terlalu paham soal komunisme,” ujar Harris kepada detikcom melalui pesan di facebook, Sabtu (9/1/2010).

Motifasi berbeda dimiliki pengguna akun facebook dengan nama Diandra Natakembahang. Dia menjadi penggemar PKI 2010 untuk mengetahui perkembangan PKI saat ini.

“Menurut saya PKI adalah salah satu partai yang turut memperjuangkan berdirinya NKRI. Saya tidak setuju dengan pandangan bahwa agama adalah alat penguasa untuk melanggengkan kekuasaan,” ujar Diandra.

Sedangkan akun facebook dengan nama Ghazi Sadikin mengaku bergabung dengan grup ini untuk melihat reaksi masyarakat Indonesia terhadap grup PKI 2010 ini. Dia juga berharap bisa berdiskusi dengan anggota lainnya baik yang mendukung atau menentang PKI.

Mengenai pemahamannya terhadap PKI, Ghazi mengatakan, PKI merupakan organisasi politik yang memiliki ideologi komunis. Ideologi komunis adalah sebuah faham yang menekankan adanya masyarakat tanpa kelas. Komunisme juga menunjukkan adanya perjuangan kelas kaum proletar untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.

“PKI dianggap ‘jahat’ karena historisnya. Pendidikan sejarah di Indonesia selama masa Orba menekankan bahwa PKI merupakan pihak yang ‘jahat’ dan disalahkan lewat peristiwa G30S/PKI atau sekarang hanya G30S saja. Ini membuktikan bahwa segala hal yang terjadi pada peristiwa G30S ini bukanlah semata karena kejahatan PKI,” ujar Ghazi.

Komunis, lanjut Ghazi, tidak berarti atheis. Namun demikian, Ghazi juga mengaku tidak setuju pada kebijakan PKI saat Orde Lama. Salah satunya mengenai pembentukan angkatan bersenjata ke-5.
“Saya pribadi bukan simpatisan PKI. Sebenarnya ideologi maupun sistem pemerintahan tidak ada yang salah. Komunisme, demokrasi, khalifah dan lainnya akan dapat berjalan baik bila diisi dengan manusia yang baik pula,” ungkap Ghazi. (djo/fay)

sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: